Jumat, 01 Juni 2012

info tempat penginapan d yogyakarta

 3 kawasan penginapan murah di Yogyakarta (2012):

1. Prawirotaman


Prawirotaman merupakan sebuah kampung yang memiliki sederet penginapan terjangkau. Lokasinya sekitar 5 km dari pusat Kota Yogyakarta. Kawasan ini juga sering disebut dengan Kampung Internasional.

Penginapan di kawasan ini cukup bervariatif. Anda bisa menyewa kamar mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000. Tentu saja, masing-masing kamar memiliki fasilitas yang berbeda.

Selain itu, di sepanjangn jalan juga berjejer cafe, toko buku, pasar tradisional, art shop, dan sebuah batu tulis yang tentunya bisa menjadi laternatif wisata.

2. Sosrowijayan


Kampung turis Sosrowijayan merupakan kawasan penginapan terkenal kedua setelah Prawirotaman. Letaknya berada persis di pusat Kota Yogyakarta, sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu ke arah barat.

Kampung ini menjadi dua bagian, Sosrowijayan Kulon dan Sosrowiyajan Wetan yang menjadi kawasan penginapan murah. Harga dan fasilitas penginapan juga tidak berbeda jauh dengan Kampung Prawirotaman.

Asyiknya, kampung ini memberikan akses yang sangat mudah ke tempat surga belanja di Yogyakarta, yaitu Malioboro. Di sepanjang jalan juga berderet sentra pembuatan bakpia pathuk, toko oleh-oleh, dan tempat kursus batik.

3. Sosrokusuman

Kawasan ini merupakan perpaduan dari kawasan kampung yang bersebelahan dengan nuansa kota metropolitan. Letaknya persis bersebelahan dengan Malioboro Mall.

Masuk ke kampung dengan banyak penginapan ini Anda akan disambut dengan gapura sederhana yang bertuliskan Sosrokusuman. Penginapannya juga sangat nyaman dengan harga terjangkau. Kebanyakan tidak lebih dari Rp 250.000 per malam.

Sama seperti kampung turis sebelumnya, di sepanjang jalan Anda bisa dengan mudah menemukan kios-kios makanan dan oleh-oleh. Uniknya lagi kampung ini hampir dipenuhi dengan seni mural yang pastinya memeri suasana yang berbeda.

Jika Anda bingung dengan letak ketiga kampung turis tersebut, Anda bisa menggunakan jasa pengayuh becak. selain bisa bersantai menikmati suasana kota dan harganya yang terjangkau, para pengayuh becak biasanya bercerita tentang sejarah yang dilewatinya.

Akan tetapi, ada beberapa oknum pengayuh becak yang memberikan tarif sangat murah, namun memaksa Anda harus membeli cendera mata di sebuah toko. Berhati-hati dan cermat memilih adalah kunci agar terhindar dari sikap curang oknum tersebut.

Nah, jika Anda mengunjugi Yogyakarta dan bingung mencari penginapan murah yang strategis, Kampung Prawirotaman, Kampung Sosrowijayan, dan Kampung Sosrokusuman sepertinya bisa menjadi jawabannya. Selamat berlibur!       

Hotel murah di Jogja – Bintang 5

  • Melia Purosani Hotel Yogyakarta, Jl. Suryotomo No. 31 Yogyakarta
  • The Phoenix Hotel Yogyakarta, Jl. Jendral Sudirman No. 9 Yogyakarta
  • Royal Ambarrukmo, Jl. Laksda Adisucipto 81 Gejayan Yogyakarta

Hotel murah di Jogja – Bintang 4

  • Novotel Yogyakarta, Jl. Jendral Sudirman N0. 89 Yogyakarta
  • D’omah Yogya Hotel, Jl. Parangtritis Km. 8.5 Bantul Yogyakarta
  • Grand Quality Hotel Yogyakarta, Jl. Adisucipto No. 48 Yogyakarta
  • Hotel Santika Premiere Jogja, Jl. Jendral Sudirman No. 19 Yogyakarta

Hotel murah di Jogja – Bintang 3

  • All Seasons Yogyakarta, Jl. Dagen No. 109 Yogyakarta
  • Jentra Dagen Hotel Malioboro, Jl. Dagen 85 Yogyakarta
  • Jambuluwuk Malioboro Jogja, Jl. Gajah Mada No. 67 Yogyakarta
  • Joglo Plawang Boutique Villa, Jl. Pakem-Turi Km. 5 Karanggawang Girikerto Yogyakarta

Hotel murah di Jogja – Bintang 2

  • Istana Batik Ratna, Jl. Pasar Kembang 29 Yogyakarta
  • Eclipse Hotel, Jl. Prawirotama 35 Yogyakarta
  • Malioboro Inn Hotel, Jl. Sosrowijayan 23-25 Yogyakarta


  hotel murah di sekitar Malioboro, jalan Pasar Kembang, jalan Sastrowijayan, dan jalan Dagen, merupakan lokasi yang paling banyak hotel-hotel murahnya. Harga mulai dari 75 ribu rupiah per malam. kamar yang harga 100 ribu per malam (2 bed + kamar mandi luar).  kamar mandi dalam + AC + TV, harganya rata-rata di atas 200 ribu.
Peta lokasi hotel murah di sekitar Jalan Malioboro Jogjakarta
Namun diantara ketiga jalan tersebut, jalan Sastrowijayan lah yang paling terkenal. Terkenalnya bahkan sampai ke luar negeri. Sastrowijayan memang merupakan lokasi menginap favorite bagi wisatawan asing yang berwisata ala backpacker. Masyarakat yang tinggal di sekitar Sastrowijayan, banyak juga yang menyewakan kamar-kamar di rumahnya.
                                                                                                                                                                    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar